Begini Momen Upacara HUT ke-78 RI di Tambang Emas Freeport : Okezone Economy

JAKARTA – Entitas Mining Industry Indonesia (Mind ID), PT Freeport Indonesia menggelar Upacara Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia. Acara dilakukan di area Sporthall, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Gerimis yang masih mengguyur disertai kabut tipis tak menyurutkan semangat para peserta. Diketahui, lokasi upacara berada di ketinggian sekitar 2.000 Mdpl.

Bertema ‘Kita Satu Indonesia Maju’, para peserta upacara terdiri dari karyawan dan karyawati PT Freeport Indonesia (PT FI). Sebagian peserta upacara yang memakai pakaian adat juga terlihat mengenakan jas hujan.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menjadi Inspektur Upacara. Tony terpantau hadir memakai setelan jas lengkap berdasi dan berpeci.

Tony mengatakan kegiatan pertambangan PT FI berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Pada 2022, nilai manfaat langsung terhadap penerimaan negara sebesar USD3,6 miliar atau sekitar Rp55 triliun dalam bentuk pajak, royalti, dividen, serta pembayaran lainnya.

“Di mana diantaranya sekitar Rp8,7 triliun berupa manfaat langsung yang diterima Papua. HUT RI adalah momen bagi kita merayakan persatuan seluruh anak bangsa. Sebagai anak bangsa kita harus bergerak bersama dalam harmoni untuk terus membangun negeri,” kata Tony dalam sambutannya, disaksikan dalam Youtube Freeport Indonesia.

Tony turut mengutip pesan Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan ke tambang PT FI pada tahun 2022.

“Beliau berpesan kepada kita semua untuk menjaga dan menjalankan kegiatan pertambangan dengan sebaik mungkin mengingat dampak signfikan dari kegiatan operasional PT FI,” paparnya.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Sebagai informasi, kegiatan upacara juga berlangsung di seluruh wilayah kerja PT FI. Selain di Tembagapura, semangat nasionalisme ini juga dirayakan di Kuala Kencana, Jayapura, Jakarta, dan Gresik.

Baca Juga  Waspadai Hoaks, Jebolan 'Sepekan Jadi Dewan' Ajak Pemilih Muda Jeli Memilih Presiden

Nyanyian kebangsaan, hingga tarian tradisional mewarnai rangkaian kegiatan upacara yang turut disaksikan secara langsung oleh warga Papua.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *