Erick Thohir Pede Indonesia Bisa Setara China, Center Pertumbuhan Ekonomi Dunia : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan, pada 2045 Indonesia mampu memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang.

Pasalnya, Indonesia akan memegang peran penting dalam ekosistem rantai pasok alias supply chain dunia.

“Kita akan menjadi salah satu center pertumbuhan ekonomi dunia, karena kita ingin menjadi bagian supply chain dunia, yang ini sangat penting untuk negara lain yang ekonominya sedang melambat,” ujar Erick dalam seminar nasional di Universitas Al Azhar, Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Menurut dia, tumbuhnya makro ekonomi nasional saat ini bak China di tahun 80-an. Kala itu, Republik Rakyat Tiongkok mengalami kebangkitan ekonomi yang signifikan, sehingga kawasan itu berhasil menjadi pusat ekonomi global sampai saat ini.

“Ini terjadi ketika China di tahun 80-an, ketika ekonomi China bangkit dan akhirnya ada kontribusi terhadap ekonomi dunia,” ucapnya.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Mengikuti jejak China, saatnya Indonesia bangkit berdiri. Berbagai target dan strategi ditempuh pemerintah untuk bisa merealisasikan ambisi tersebut. Bahkan, otoritas memperkirakan ekonomi nasional konsisten tumbuh di angka 5% setiap tahunnya.

Sejalan dengan target tersebut, pemerintah juga mengupayakan agar kelas ekonomi menengah atas (middle class) di Tanah Air bisa mencapai 223 juta dari total penduduk Indonesia sebesar 318 juta orang pada 2045 mendatang.

“Hari ini waktunya Indonesia, kalau kita melihat jumlah penduduk Indonesia sendiri akan tumbuh di 2045 itu sampai 318 juta. Belum lagi middle class kita kurang lebih 223 juta, banyak itu banyak sekali dan ini yang harus kita persiapkan,” tutur Erick.

Baca Juga  Jubir Timnas AMIN Bantah Anies Terapkan Ordal Ketika Jadi Gubernur DKI Jakarta

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *