Gantikan Dudung Abdurachman Letjen Agus Subiyanto Sah Jadi KSAD Usai Dilantik Jokowi

WARTAKOTALIVECOM, Jakarta — Presiden Joko Widodo resmi melantik Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakil KSAD) Letnan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara pada hari ini Kamis (25/10/2023).

Jenderal Agus dilantik untuk menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun pada November 2023.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 89 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan. Serta, Keputusan Presiden RI Nomor 90 TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI yang memutuskan menetapkan menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas nama Letjen Agus Subiyanto dari Letjen menjadi Jenderal TNI terhitung mulai tanggal ditetapkan Keppres ini, yakni 25 Oktober 2023. Setelah Keppres dibacakan, Jokowi memandu Agus untuk membacakan sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekeja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Serta bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” tambahnya.

Dilansir dari Kompas.com dengan dilantiknya Jenderal Agus menjadi KSAD, pangkat Agus pun dinaikkan dari letnan jenderal menjadi jenderal.

Dalam pelantikan tersebut sekaligus disematkan juga tanda bintang empat oleh Jokowi ke bahu Agus.

Sepanjang kariernya di dunia militer, Agus kerap bersinggungan dengan sosok Jokowi.

Ketika Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo, Agus merupakan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta pada 2009-2011.

Baca Juga  KSOP Sunda Kelapa Sosialisasi Aplikasi Simkapel, Tingkatkan Pelayanan Perkapalan

Setelah Jokowi menjadi presiden, Agus pun menjabat sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 061/Suryakencana Bogor pada 2020 dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden pada 2020-2021.

 

 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *