Harga Emas Turun Terus, Terburuk dalam 6 Tahun Terakhir : Okezone Economy

Berita74 Dilihat

JAKARTA Harga emas turun lagi pada akhir perdagangan Rabu. Harga emas menetap delapan sesi berturut-turut dan mencatat penurunan beruntun terburuk dalam lebih dari 6 tahun.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange turun USD6,90 atau 0,36% menjadi USD1.928,30 per ounce, setelah menyentuh level tertinggi di USD1.938,20 dan terendah di USD1.925,70.

Tak lama setelah lantai perdagangan emas ditutup, risalah pertemuan FOMC dirilis, menunjukkan sebagian besar pejabat Fed terus khawatir tentang “risiko kenaikan inflasi yang signifikan.”

Indeks dolar AS dan imbal hasil obligasi pemerintah AS tetap lebih tinggi setelah risalah dirilis. Imbal hasil obligasi pemerintah AS naik pada Rabu (16/8/2023) sore dengan imbal hasil 10-tahun bertambah 3 basis poin menjadi 4,25%. Hasil pada obligasi pemerintah 2-tahun yang sensitif terhadap kebijakan naik 2 basis poin menjadi 4,97%, menurut data FactSet.

Sementara itu, indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, menguat 0,1% menjadi103,30.

“Saluran bearish emas tetap utuh dengan level 1.900 dolar AS tetap menjadi penghalang utama. Jika kekuatan dolar bertahan, penurunan bearish emas dapat berlanjut menuju level USD1.882,” ujar Analis OANDA, Ed Moya, dikutip dari Antara, Kamis (17/8/2023).

Bank of America memperkirakan bahwa Federal Reserve dapat mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan September dan menaikkan suku bunga pada November.

Data ekonomi yang dirilis Rabu (16/8/2023) bervariasi. Federal Reserve melaporkan bahwa produksi industri AS naik satu persen pada Juli, jauh di atas rata-rata ekspektasi untuk kenaikan 0,3% oleh para ekonom.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Baca Juga  BTN Dapat Restu OJK Jual Apartemen dan Hotel Bermasalah Rp 2 Triliun


Follow Berita Okezone di Google News


Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa pembangunan perumahan AS meningkat 3,9 persen pada Juli menjadi 1,45 juta unit pada tingkat tahunan, sesuai dengan rata-rata estimasi para ekonom.

Departemen Perdagangan AS lebih lanjut melaporkan bahwa izin mendirikan bangunan yang dapat mengisyaratkan konstruksi rumah di masa depan, naik hanya 0,1 persen pada Juli secara bulan ke bulan ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1,44 juta. Para ekonom memperkirakan izin naik 2,1 persen bulan ke bulan.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September turun 12,10 sen atau 0,53% menjadi USD22,535 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober tergelincir 90 sen atau 0,10% menjadi USD891,30 per ounce.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *