VIDEO Ganjar Datangi Ponpes Gedongan Cirebon, Kiyai Hayyi Berikan Tongkat Langka dan Tasbih

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Bakal calon presiden 2024 Ganjar mengunjungi Ponpes Gedongan Cirebon, Jawa Barat, Minggu (8/10/2023) siang. Kedatangan Ganjar di pondok tua di Jawa Barat itu disambut antusias para ulama, serta ratusan santri dan masyarakat. 

Ganjar kemudian diajak Kiai Hayyi menuju ke kediamannya. Di dalam rumah, tampak beberapa kiai besar lain yang menunggu di sana. Setelah mendapat sambutan yang sangat luar biasa, Ganjar tak menyangka akan mendapat hadiah istimewa dari Kiai Hayyi. 

Dalam pertemuan di kediaman, Kiai Hayyi memberi hadiah tongkat dan tasbih pada Ganjar. Tongkat dan tasbih itu begitu spesial karena terbuat dari kayu safarjal asli yang sangat langka.

“Ini sangat susah dicari, ini bukan kokka tapi kayu syaffarizal asli yang biasa saya pakai,” kata KH Abdul Hayyi Imam saat memberikan tongkat kayu.

KH Abdul Hayyi Imam menyampaikan rasa ucapan terima kasihnya karena Ganjar sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Ponpes Gedongan.

“Tongkat ini filosofinya sangat tinggi, orang buta pakai tongkat, tapi komandan juga bawa tongkat. Dan anehnya, di mimbar juga ada tongkat. Maka saya berikan tongkat ini pada Pak Ganjar untuk meneruskan tradisi ulama zaman dulu,” ucap Kiai Hayyi.

Ganjar kemudian berdiskusi dengan para kiai dan ulama di Cirebon. Ada beragam isu yang dibahas, di antaranya isu pendidikan. Ganjar menceritan kesiapan dalam menyongsong Indonesia maju dengan menyiapkan SDM, dimulai dari pendidikan.

“Saya memulai di Jawa Tengah dengan menjadikan program pendidikan sebagai prioritas. Saya bangun SMK Jateng boarding school gratis untuk siswa miskin dan itu berhasil,” ucapnya.

Selain pendidikan, banyak pula hal yang dibahas dalam pertemuan Ganjar dengan para ulama itu. Mulai kenegaraan, keagamaan, politik, sosial dan lainnya.

Baca Juga  Sandiaga Uno Apresiasi Mahfud Dalam Debat: Yakinkan Ganjar-Mahfud Berjuang untuk Rakyat Kecil

“Dari ide dan gagasan yang disampaikan, beliau Pak Ganjar betul-betul memiliki komitmen tinggi dan besar terhadap kemajuan bangsa dan rakyat. Sosoknya sangat sederhana dan religius,” ucap Kiai Hayyi.

Baca juga: VIDEO Bertemu Lembaga Adat Melayu Riau, Ganjar Berbalas Pantun dan Tepak Sirih

Untuk itu, Kiai Hayyi yakin bahwa Ganjar akan mampu menjadi pemimpin masa depan. Ia yakin bahwa tidak akan salah memberikan ridhonya.

“Kami yakin Allah tidak sare (tidur) dan tidak mungkin salah alamat. Bangsa Indonesia mempercayakan kepemimpinan negara ini pada pak Ganjar. Kita doakan bersama mudah-mudahan beliau dilantik jadi presiden 2024 nanti,” pungkasnya.

Baca juga: Divonis 20 Tahun Penjara, Begini Keseharian Jessica Kumala Wongso Selain Mengajar Bahasa Inggris

Selain berdiskusi dengan para ulama dan menyapa masyarakat, Ganjar juga menyempatkan diri ziarah ke makam Kiai Muhammad Sa’id Gedongan. Tokoh penyebar agama Islam ternama se-Jawa Barat sekaligus ulama besar ini telah melahirkan banyak tokoh di Indonesia. 

Di antaranya Kiai Nachrowi, Kiai Maksum Siroj dan Kiai Said Aqil Siroj, Kiai Mahrus Ali dan lainnya. Mantan ketua umum PBNU Kiai Said Aqil Siroj, adalah keturunan dari Kiai Muhammad Sa’id.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kunjungi Ponpes Gedongan, Ganjar Dapat Hadiah Tongkat dan Tasbih Istimewa dari Kiai Hayyi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *